Social Icons

Rabu, 01 Mei 2013

Robot Line Follower

Line Follower Robot adalah sebuah alat yang dapat berjalan secara otomatis mengikuti garis  berdasarkan perubahan warna pada garis baik hitam. Hasil dari perubahan warna tersebut menyebabkan nilai pada photo diode berubah sehingga menyebabkan nilai yang masuk ke dalam port ADC pada mikrokontroller berubah, dan nilai ADC tersebut yang akan kita oleh menjadi sebuah input.


Line Follower ini mempunyai dua buah motor DC 12 Volt yang dapat digerakkan maju dan mundur dengan menggunakan driver motor ha-bridge, saat sensor mendeteksi adanya garis hitam ditengah dari wilayah sensor maka kedua motor akan berjalan searah jarum jam sehingga robot maju, dan ketika sensor mendeteksi adanya garis hitam dipinggir wilayah sensor maka  salah satu motor akan berputar searah jarum jam dan yang satu berlawanan arah jarum jam sehingga robot akan bergerak ke arah kanan atau kiri. Dan ketika sensor tidak mendeteksi adanya garis pada wilayah sensor maka robot akan berjalan mundur.

Robot ini dapat dikembangkan lagi menjadi sebuah aplikasi yang berguna baik di masyarakat maupun di industri, contohnya sebagai sebuah alat pengantar barang secara otomatis atau terprogram.

Cara Kerja


Cara kerja dari robot line follower adalah membaca garis dengan menggunakan sensor garis yaitu terdapat 8 sensor yang akan mengakibatakan perbedaan tegangan ketika mengenai warna putih dan warna hitam. Sensor yang digunakan adalah sensor photo diode yang langsung dihubungkan pada port ADC pada mikrokontroller. Data dari port ADC akan diolah pada system control, yang akan mengkalkulasi berapa kecepatan motor kanan dan kiri. Jika terdapat perbedaan kecepatan pada motor kanan dan motor kiri, robot akan berbelok, saat itu juga mempengaruhi sensor untuk mengkalkulasi ulang kecepatan motor sehingga robot berjalan secara seimbang.

1 komentar:

  1. asalamu'alikum..

    kalau mau beli dinamo bayangn di mana yah?

    BalasHapus

 

ABOUT ME

Foto Saya

Saya tinggal di Tulungagung, Saya Mahasiswi Aktif Universitas Negeri Malang,Jurusan Teknik Elektro.

Support By

Contact us

Jl. Terusan Ambarawa No.6 Malang
Email : dyahqurniaa@gmail.com
Fb : Dyah Curn