Social Icons

Rabu, 01 Mei 2013

Motor Shaded Pole ( Motor Kutub Bayangan )

Motor shaded pole atau motor kutub bayangan adalah adalah sebuah motor induksi satu fasa yang diperlengkapi dengan belitan bantu yang dihubungkan secara parallel dengan belitan utama. Stator motor shaded pole berbentuk sepatu kutub (salient). Kumparan stator hanya terdiri dari kumparan utama. Untuk membentuk medan putar dipasang shaded coil yang merupakan suatu rangkaian tertutup pada sepatu kutub tersebut.
Tegangan bolak balik dari kumparan utama akan di induksikan pada shaded coil. Dengan adanya tegangan induksi ini maka pada shaded coil akan mengalir arus dan menimbulkan fluks lawan dari kumparan utama. Dengan demikian terjadi beda fasa antara fluks kumparan utama dengan fluks shaded coil (kumparan bayangan). Kedua fluks tersebut berbeda nilainya dan dianggap kutub itu menghasilkan fluks lemah (dalam cincin) dan di superimpose fluks kuat (diluar cincin) sehingga terdapat medan putar.

 
Motor ini dibuat dengan ukuran motor fraction horse power dan digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan seperti kipas angina 2 kecepatan, hair drayer, blower dan sebagainya. Motor ini mempunyai kopel start yang rendah dan hanya bekerja pada tegangan AC.
Shaded pole motor Motor ini merupakan jenis sederhana dari motor sederhana dari dari motor induksi yang mengasutsendiri. Motor ini terbatas pada ukuran-ukuran yang kecil, memiliki torsi pengasut yang jelek dan sangattidak efisien. Namun mudahnya untuk diasut mengimbangi kerugian-kerugian ini bilamana beban-bebansangat ringan.Peristiwa ini merupakan suatu contoh yang menarik electromagnet. Konstruksinya sendiri dari sebuah motor sangkar terhubung singkat dan stator terbentuk dari salient pada jala-jala dari sebuah motor arussearah. Setiap lempeng kutub disisipkan kepada satu sisi dan sebuah gelang tembaga dipasang padabagian tertutup (terlindungi) yang lebih kecil. Arus-arus pusar diindusir didalam gelang yang bekerjasebagai sekunder sebuah transformator yang terhubung singkat. Gelang membangkitkan suatu fluksyang menurut hokum lenz melawan fluksi utama. Berarti terdapat suatu keterlambatan waktu sebelumfluksi didalam bagian yang tertutup mencapai nilai maksimumnya. Fluksiu primitive dua fase yangdihasilkan tersebut menyebabkan pergeseran fase yang dihasilkan tersebut menyebabkan pergeseranmedan yang cukup untuk memotong penghantar-penghantar rotornya yang memungkinkan porosberputar. Motor ini digunakan untuk kipas-kipas yang kecil.
Apabila arus bolak-balik dialirkan pada kumparan kutub, poros kutub akan bergerak dari kutub utama (unshaded pole) kekutub bayangan (shaded pole). Bergesernya poros medan magnet menyebabkanseakan-akan kutub-kutub ini bergerak. Oleh karena itu, rotor berputar dari kutub utama kekutubbayangan. Arus yang timbul akan menghasilkan fluks magnet yang mempunyai arah selalu melawan fluks utama.Bagian ini disebut kutub bayangan. Motor ini biasa digunakan pada alat yang tidak membutuhkan torsiyang besar dan banyak pemeliharaan seperti : jam ± jam listrik, timers hair dryer, kipas angina kecil dan lain-lain
Motor shaded pole atau motor phasa terbelah termasuk motor satu phasa daya kecil, dan banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga sebagai motor penggerak kipas angin, blender. Konstruksinya sangat sederhana, pada kedua ujung stator ada dua kawat yang terpasang dan dihubung singkatkan fungsinya sebagai pembelah phasa.

Konstruksi Motor Shaded Pole
Konstruksi motor shaded pole sangat sederhana yaitu terdiri dari stator, rotor dan penyangga. Bagian lengkap dari motor shaded pole seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


1. Stator
Bagian stator merupakan kutub-kutub yang bagian permukaannya ditempatkan cincin yang terbuat dari tembaga. Karena cincin inilah yang menyebabkan terjadinya kutub bayangan.

2. Rotor
Rotor adalah bagian yang berputar dan tipenya adalah rotor sangkar.

3. Penyangga
Penyangga poros rotor ini sangat sederhana yang dibuat dari besi plat yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat memegang bagian rotor yang berputar.
Belitan stator dibelitkan sekeliling inti membentuk seperti belitan transfor mator. Rotornya berbentuk sangkar tupai dan porosnya ditempatkan pada rumah stator ditopang dua buah bearing.

Irisan penampang motor shaded pole memperlihatkan dua bagian, yaitu bagian stator dengan belitan stator dan dua kawat shaded pole. Bagian rotor sangkar ditempatkan di tengah-tengah stator, lihat gambar dibawah ini.

Torsi putar dihasilkan oleh adanya pembelahan phasa oleh kawat shaded pole. Konstruksi yang sederhana, daya yang kecil, handal, mudah dioperasikan, bebas perawatan dan cukup di suplai dengan Tegangan AC 220 V, jenis motor shaded pole banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga kecil.



Prinsip Kerja motor shaded pole

Stator motor shaded pole berbentuk sepatu kutub (salient). Kumparan stator hanya terdiri dari kumparan utama. Untuk membentuk medan putar dipasang shaded coil yang merupakan suatu rangkaian tertutup pada sepatu kutub tersebut.  Pada kutub bayangan(shaded pole) diberi cincin tembaga yang melingkar sehingga mengakibatkan medan magnet pada daerah shaded pole mengalami perbedaan sudut fase dengan kutub utama(unshaded pole). Kemudian medan putar akan timbul dan mempunyai arah dari kutub utama ke kutub bayangannya.

Aplikasi Motor ini tidak memiliki kapasitor, saklar sentrifugal atau alat bantu starting lainnya.Karena torsi pada saat startnya kecil.

Prinsip kerja dari motor ini adalah sebagai berikut;
a. Saat kumparan ststor mendapat arus sumber maka pada kumparan dibangkitkan medan elektromagnetik (øs) yang mengalir di dalam inti.
b. øs juga mengalir pada inti yang memotong cincin tembaga yang membangkitkan tegangan induksi, arus, dan medan elektromagnetik cincin (øc)
c. Dengan demikian terjadi perpindahan øs ‐‐‐‐> øc, øc‐‐‐‐‐> øs dan seterusnya. Hal ini identik dengan terbentuknya medan putar.
d. Arah gerakan øs selalu pada posisi shading coil sekaligus juga arah putaran rotor.

1 komentar:

  1. assalamu'alikum..

    maaf kalu mau beli dinamo bayangan di mana yah??

    BalasHapus

 

ABOUT ME

Foto Saya

Saya tinggal di Tulungagung, Saya Mahasiswi Aktif Universitas Negeri Malang,Jurusan Teknik Elektro.

Support By

Contact us

Jl. Terusan Ambarawa No.6 Malang
Email : dyahqurniaa@gmail.com
Fb : Dyah Curn